Hati-Hati Spyware Menyamar Jadi Ekstensi Browser!

Baru-baru ini riset menemukan bahwa lebih dari 500 Ekstensi Chrome di web resmi chrome mencuri data browsing dan mengeksekusi penipuan klik (click fraud) dan iklan berbahaya setelah diinstal di jutaan komputer.

Ini adalah operasi terencana yang ditenggarai telah terjadi sejak awal 2010!An orchestrated operation that might have been active since the early 2010s!

Ini cukup menakutkan.

Investigasi selama 2 bulan oleh peneliti keamanan Jamila Kaya dan tim Duo Security dari Cisco menampilkan ekstensi yang telah diunduh jutaan kali dari Google’s Chrome Web Store.

Ini merupakan pengingat agar kita perlu hati-hati pada saat menginstal ekstensi di browser kita.

Tetap hati-hati dan selalu mutakhir

Pemasar digital akan terus mencari caya untuk mengidentifikasi anda dan menjadikan anda target iklan dan sebagian dari mereka kurang transparan mengenai bagaimana mereka melakukan hal-hal tersebut. 

Selalu berhati-hati dan mutakhir mengenai informasi. Kita tidak bisa selalu mengandalkan teknologi untuk menjaga informasi pribadi Anda.

Menjaga informasi pribadi anda dapat dimulai dengan memilih browser yang tidak akan memata0matai, mencuri dan menjual data anda. Inilah hal yang kami percayai di Vivaldi.

Filosofi kami juga adalah untuk memberikan fitur bawaan yang memberikan solusi sehingga tidak perlu menggunakan tambahan / ekstensi.

Walau kami  mendukung ekstensi yang tersedia bebas di Chrome Web Store, prioritas kami menjaga data pribadi anda.

Ekstensi amat berguna namun dapat menimbulkan masalah

Penggunaan banyak ekstensi amat biasa, namun saat anda menginstal semakin banyak – tentunya yang berguna – anda akan mulai merasakan dampaknya.

Meskipun ekstensi dapat menambahkan fitur yang berguna untuk browser anda, ekstensi dapat mengancam privasi, keamanan dan performa. 

Ekstensi dapat membuat browser crash dan menjadi ancaman keamanan. Ekstensi bermasalah dapat memanfaatkan akses untuk mengintip kegiatan browsing, dapat menangkap detil kartu kredit anda ataupun password.

Seringkali, ekstensi membutuhkan banyak daya listrik dan menghabiskan memory sehingga membuat kegiatan browsing menjadi lambat. Jadi, menggunakan sedikit tambahan / ekstensi akan meningkatkan performa.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah pengalaman pengguna akan lebih baik dengan fitur bawaan dibanding ekstensi. Teknologi web berevolusi namun fitur bawaan akan selalu memberikan fungsi yang lebih baik dan konsisten dengan pengalaman pengguna produk.

Kurangi penggunaan ekstensi

Kami memiliki hubungan cinta-benci dengan ekstensi namun kami tidak akan ragu-ragu untuk merekomendasikan fitur bawaan Vivaldi dibanding menggunakan ekstensi:

Jadi, kurangi penggunaan ekstensi! Pilih ekstensi yang memberikan keuntungan yang pasti. Ini adalah solusi yang baik. Anda bisa menjelajah internet secara aman dan cepat.

Ada yang pernah mengalami menggunakan ekstensi yang ternyata berbahaya?

Diterjemahkan dari : https://vivaldi.com/blog/spyware-browser-extensions/